Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Benarkah Media Promosi Brosur Kertas Sudah Ketinggalan Zaman?

Meskipun zaman telah maju, era digital semakin berkembang, namun masih banyak pemilik usaha yang memanfaatkan brosur kertas sebagai media untuk promosi atau edukasi kepada masyarakat. Dapat dikatakan bahwa brosur adalah materi promosi yang ketinggalan zaman, sudah tergantikan dengan produk-produk digital seperti iklan banner, brosur format PDF, poster format JPEG dan sebagainya. Namun, dibalik cukup mahalnya biaya pembuatan brosur, manfaat brosur bagi bisnis-bisnis yang fokus pada penjualan offline sangat besar. Misalnya saja, bank, dealer mobil, hypermarket atau produk UKM lainnya, hampir semua bisnis masih menggunakan brosur sebagai alat pemasaran yang penting. Oleh sebab itu tidak bisa dikatakan bahwa brosur merupakan media promosi yang ketinggalan zaman.



Walaupun memanfaatkan brosur sebagai media promosi jauh lebih mahal, tetapi langkah ini lebih efektif, karena tidak semua orang menggunakan internet dalam kesehariannya. Generasi tua atau lebih muda banyak yang kurang tertarik menggunakan media sosial atau berselancar di dunia maya, maka brosur bisa digunakan untuk menyebarkan informasi produk atau pengetahuan. Pada akhirnya banyak pemilik usaha yang memutuskan untuk tetap menggunakan brosur sebagai sarana promosi bisnis mereka. 


Pengertian

Brosur adalah salah satu media yang digunakan untuk mengirimkan promosi. Brosur berfungsi untuk memberikan informasi produk kepada pelanggan potensial. Umumnya, brosur dalam bentuk lembaran kertas berisi garis, kata-kata dan informasi tentang suatu produk, serta beberapa gambar pendukung. Biasanya, brosur ini diberikan secara gratis kepada masyarakat umum dengan harapan bahwa masyarakat akan mengetahui produk tersebut. Brosur sering berisi informasi tentang makanan, investasi, sekolah, kampus, usaha dan lain sebagainya.

Brosur adalah buku yang diterbitkan secara berkala yang dapat berkisar dari satu hingga beberapa halaman, tidak terkait dengan publikasi lain, dan berakhir dalam satu masalah tunggal. Halaman brosur biasanya dicetak di kedua sisi dan dilipat dalam pola lipat tertentu untuk membentuk panel terpisah, berbeda dengan pamflet yang terdiri dari satu halaman sering disebut juga dengan selebaran atau flyer. Selain itu brosur yang memuat suatu informasi mengenai produk disebut juga sebagai katalog produk atau sering hanya disebut katalog.


Pengertian Brosur Menurut Para Ahli

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Brosur adalah media informasi yang ditulis pada suatu masalah, disusun secara sistematis atau dicetak, hanya terdiri dari beberapa halaman dan dilipat tanpa mengikat selebaran atau dicetak dengan informasi singkat.

Menurut Hampton

Berdasarkan bentuk fisiknya brosur merupakan selembar kertas kecil yang biasanya menggunakan selembar kertas ukuran 8.5 inci X 11 inci atau 8.5 inci x 14 inci dengan tiga lipatan atau bisa juga format lain dengan banyak lipatan yang berbeda atau tanpa lipatan.

UNESCO

Menjelaskan bahwasanya brosur merupakan terbitan tidak berkala yang tidak dijilid lengkap mempunyai paling sedikit 5 halaman namun tetapi tidak lebih dari 48 halaman, diluar perhitungan sampul.


Ciri – Ciri Brosur

Anda akan menemukan karakteristik brosur di bawah ini, termasuk:

  1. Bertujuan untuk mengiformasikan, mengedukasi, serta juga membujuk dan juga mempengaruhi seseorang ataupun pelanggan untuk membeli maupun mengadopsi pesan yang disampaikan.
  2. Hanya sekali yang dipublikasikan.
  3. Dibuat semenarik mungkin supaya menarik suatu perhatian publik.
  4. Didistribusikan dengan secara tersendiri oleh pembuat suatu brosur tersebut.
  5. Memiliki desain yang menarik dan kreatif serta mempunyai juga isinya jelas.


Fungsi Brosur

Fungsi brosur, dibagi menjadi 3 (tiga) bagian adalah sebagai berikut:

Fungsi informatif

adalah brosur yang biasanya digunakan untuk memberi tahu pelanggan potensial Anda yang terkait dengan bisnis Anda. Informasi ini terkait dengan penyajian perusahaan, produk atau layanan baru yang ingin ditawarkan perusahaan, perubahan terbaru pada nama perusahaan, dll.

Fungsi iklan

adalah suatu brosur sangat penting sebagai alat iklan atau alat promosi, yang menarik dan juga mempromosikan satu atau lebih produk atau layanan.

Fungsi identifikasi

adalah desain brosur yang baik yang menjaga kriteria yang sama di semua brosur perusahaan. Jika kriteria ini, atau juga disebut sebagai konsep diintegrasikan ke dalam semua jenis brosur, itu akan memudahkan identifikasi perusahaan, hal tersebut akan memberikan nilai prestise dan kredibilitas perusahaan yang sangat penting bagi brosur perusahaan untuk tidak hanya memiliki konsep yang tepat tetapi juga logo, logo yang dirancang dengan baik sangat penting bagi setiap perusahaan, yang merupakan salah satu langkah pertama untuk meluncurkan bisnis. Kampanye iklan.


Tujuan Brosur

Sementara itu, tujuan pembuatan brosur adalah:

  1. Sebagai Media Informasi
  2. Sebagai Media Promosi
  3. Dapat meningkatkan daya tarik suatu produk yang dipasarkan
  4. Sebagai suatu identitas untuk suatu produk

 Demikian artikel mengenai brosur, semoga menambah wawasan pengetahuan kita.